Terkait Covid-19, UN Ditiadakan

Kewenangan Kelulusan dan Kenaikan Berada di Kepsek 

Di Baca : 1464 Kali
Kepala Disdikpora Kabupaten Kampar, Riau M Yasir MPd

Bangkinang, Detak Indonesia-- Berkenaan mewabahnya Coronavirus Disease 19 (Covid-19), Ujian Nasional (UN) ditiadakan. Kelulusan dan kenaikan pelajar tingkat SD dan SLTP, kewenangannya berada di Kepala Sekolah (Kepsek).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar, Riau M Yasir MPd, Kamis (26/3/2020).

"Sejalan dengan semangat UU Sisdiknas adalah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk menentukan kelulusan, namun USBN membatasi penerapan hal ini. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berbasis kompetensi perlu asesmen yang lebih holistik untuk mengukur kompetensi anak," kata Yasir.

Tahun 2020, USBN diganti dengan ujian (Asesmen) yang diselenggarakan hanya oleh sekolah. Ujian untuk menilai kompetensi siswa dapat dilakukan dalam bentuk tes tertulis dan/atau bentuk penilaian lain yang lebih komfrehensif seperti, portofolio dan penugasan kelompok, karya tulis dan lainnya.

"Guru dan sekolah 'Lebih Merdeka' dalam menilai hasil belajar siswa. Kepsek mempunyai kewenangan penuh dalam menentukan kelulusan dan kenaikan siswa, tanpa ada campur tangan pihak lain," ujarnya.

Kriteria kelulusan dan kenaikan siswa ditentukan pihak sekolah dan nilai karakter siswa merupakan tolak ukur yang menentukan, tambahnya.

Disampaikan Yasir, jika libur sekolah diperpanjang lagi berkaitan mewabahnya Covid-19, urusan belajar mengajar dan ujian diserahkan kepada sekolah masing-masing seperti aplikasi sistem online dan untuk sekolah di luar jangkauan internet, perlakuannya diserahkan sepenuhnya kepada sekolah.

Yasir mengimbau, agar para siswa tetap belajar di rumah, mengurangi kegiatan luar rumah serta menghindari kerumunan dan perkumpulan banyak  orang.

"Perbanyak olahraga, mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C dan istirahat yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh," ujarnya.

"Menjaga prilaku hidup sehat, selalu cuci tangan dengan sanitizer, hindari kontak langsung, pakaian yang sudah dipakai tidak digantung melainkan langsung dicuci," tambah Yasir.

"Kita berharap bencana non alam ini segera berakhir dan kita bisa beraktifitas seperti sedia kala," pungkasnya. (Syailan Yusuf)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar